Wednesday, July 12, 2017

Cara Memasang Disqus di Komentar Blogger


Kicauan Wong Cilik - Disqus adalah situs yang menyediakan sistem komentar yang dapat diintegrasikan di website ataupun blog secara gratis. Disqus sudah digunakan oleh jutaan website di seluruh dunia. Pengguna Disqus sudah mencapai puluhan juta yang terdiri dari 191 negara di seluruh dunia. Tidak heran jika flatform komentar yang satu ini sangatlah populer di kalangan blogger.
Sebelumnya, pernahkah anda lihat sebuah situs yang di halaman postingnya terdapat formulir diskusi atau komentar yang bertanda Disqus? Mungkin saja anda pernah menemui si Disqus ini, tetapi anda tidak sadar karena belum tahu atau tidak terlalu memperhatikannya.

Sebelum saya jelaskan bagaimana Cara memasang Disqus di komentar Blogger saya akan jelaskan dulu keunggulan Disqus jika digunakan di website atau blog.

1. Disqus itu cepat.
Form/widget Disqus itu sangat ringan dan cepat jika diakses. Mungkin alasannya karena pengkodean/skrip Disqus dibuat dengan ramping dan clean sehingga ketika diload disebuah website tidak memerlukan resource yang tinggi, baik itu resource internet dan juga resource device. Tentu saja, Disqus menggunakan server raksasa yang sangat cepat, walaupun dengan traffic yang sangat besar mencapai 17 milyar page-views dalam 1 bulan, Disqus tetap ringan dan cepat ketika diakses. Kesimpulannya Disqus ini cepat, ringan dan simple.
 
2. Disqus itu mudah digunakan.
Disqus sangatlah userfriendly, artinya mudah digunakan oleh penggunanya. Desain/interface Disqus ini mirip sekali dengan interface media sosial yang umum, seperti Facebook, Twitter, Google+ dll. Selain itu Disqus memiliki Fitur member system(daftar dan login) dan Fitur login menggunakan akun media sosial, seperti Facebook, Google+, Twitter dll, untuk memudahkan semua orang mengirimkan komentarnya melalui form/widget Disqus secara authorized.

3. Disqus itu indah dipandang.
Ini yang saya suka dari Disqus, yaitu pretty-look. Cocok sekali dipadukan dengan website/blog apapun. Ini nih yang bikin banyak orang tertarik dengan Disqus.

4. Disqus itu meningkatkan popularitas website/blog.
Komentar yang terposting di formulir Disqus di blog anda, juga akan terposting di situs disqus.com, semakin banyak orang berkomentar di form Disqus anda, maka semakin populer juga website/blog anda. Karena backlink dan terpublikasikannya setiap posting yang dikomentari di situs utama Disqus. Rating blog anda pasti naik deh.

5. Disqus itu menghasilkan uang.
Nah ini nih yang lebih menarik lagi, si Disqus ini ternyata dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah kepada pihak/orang yang memasang form komentar Disqus di website/blognya. Jika website/blog anda memenuhi kriteria, maka Disqus akan menawarkan pemasangan iklan di form yang sudah anda pasang, atau atau anda dapat mengajukan sendiri pemasangan iklan kepada pihak disqus.com. Syaratnya sederhana, traffic website anda harus tinggi. Disqus akan memasang iklan di form/widget komentar yang anda pasang, semakin banyak orang melihat atau mengklik iklan tersebut maka semakin tinggi pula nilai rupiah yang anda dapat.

Nah, jadi lebih paham kan soal si Disqus ini? sekarang saya akan bahasa Cara Memasang Disqus di Komentar Blogger. Berikut langkah-langkahnya :


1. Buka disqus.com, klik "Get Started".


2. Lalu anda masukan informasi login anda, Nama, Email dan Password.

Atau anda dapat mendaftar dengan akun media sosial Facebook, Twitter atau Google, pilih saja hingga anda berhasil terdaftar.

Pastikan juga, jika anda mendaftar secara manual(dengan mengisi form), anda harus cek kotak masuk email anda lalu, cari email konfirmasi dari disqus. Anda hanya tinggal klik verifikasi.

Hal ini akan memudahkan anda jika anda mengalami kesulitan login dikemudian hari, misalnya lupa password, anda bisa recovery melalui email.


3. Selanjutnya, Install Disqus di Website/Blog anda melalui link ini.
4. Pilih "I want to install Disqus on my site".
5. Anda akan dialihkan ke halaman registrasi situs. Kolom penting yang harus diisi yaitu Nama situs dan kategori, anda juga dapat menambahkan organisasi/perusahaan milik anda di kolom "Organization". Setelah selesai, kik "Create site".

6. Anda akan disuruh memilih plan atau paket berlangganan Disqus, pilih saja "Continue on Basic" untuk plan gratis. Anda juga dapat memilih plan berbayar sesuai kehendak. Silahkan baca fitur pada setiap plan sebelum memilih.
7. Pada tahap ini anda akan disuruh memilih flatform apa yang anda gunakan di website/blog anda. Untuk anda pengguna Blogger, silahkan pilih Blogger.

Jika anda menggunakan website pribadi/tersendiri anda pilih "I don't see my flatform listed, install with Universal Code". Artinya anda harus menginstall secara manual. Caranya mudah hanya tinggal copy/paste kode disqus di halaman HTML website anda.
 Saya lanjutkan kembali untuk pengguna blogger.
8. Selanjutnya pilih "Add {nama aplikasi} to my Blogger site".
9. Lalu pilih "Menambah Widget".

10. Terakhir, posisikan widget Disqus tepat setelah Posting Blog. Lalu klik "Simpan Setelan".

11. Sekarang lihat salahsatu posting di blog anda. Apakah sudah muncul form komentar Disqus? Jika berhasil, maka komentar disqus itu muncul seperti ini :
Selamat!, sekarang anda sudah berhasil memasang widget/form komentar Disqus. Untuk selanjutnya anda lihat perkembangan website/blog anda setelah diintegrasikan dengan Disqus.

Terimakasih telah mengikuti pembahasan dan tutorial kali ini mengenai Cara Memasang Disqus di Komentar Blogger. Jika ada pertanyaan, silahkan kirimkan di kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Memasang Disqus di Komentar Blogger
4/ 5
Oleh

Berlangganan Gratis

Suka dengan informasi di atas? Tulis email kamu, nanti saya kasih tahu lewat email kalau ada informasi terbaru.

Silahkan berkomentar

No comments:

Post a Comment


Cara Berkomentar untuk yang anda yang tidak memliki Blog:
1. Klik "Select profile" lalu pilih Name/URL
2. Isi nama Anda dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat facebook Anda
3. Klik Lanjutkan
4. Tulis komentar Anda dan klik publish
Form komentar ini tanpa moderasi dan verifikasi, kami harap anda tidak mengirim SPAM,Sara atau tindakan pelecehan lainnya

Dapatkan kunjungan balik ke website atau blog Anda dengan berkomentar dan Follow situs ini. Anda juga akan mendapatkan follower yang lebih banyak.