Wednesday, July 26, 2017

Cara Membuat Blog Gratis dengan Joomla

Kicauan Wong Cilik - Joomla, adalah platform penyedia blog gratis yang sudah populer di internet. Selain menyediakan hosted-blog atau menyediakan penyimpanan blog (hosting) dan subdomain gratis, Joomla juga tersedia dalam bentuk CMS dengan lisensi open source. Kali ini saya hanya akan berbicara seputar Joomla hosted-blog beserta langka-langkah mendaftarnya.

Demo

Keunggulan Joomla

 

  1. Joomla memiliki fitur yang banyak
    Secara default (bawaan), terdapat ratusan fitur yang disediakan dalam platform Joomla. Untuk menggunakannya hanya perlu memilih dan menyetel fitur mana saja sesuai yang dikehendaki. Dengan banyaknya fitur ini akan memudahkan anda menyetel blog tanpa perlu merubah source code Joomla dengan bahasa pengkodingan yang rumit. Karena banyaknya fitur, hal pertama yang harus anda lakukan setelah mempunyai blog Joomla adalah memahami terlebih dahulu fungsi dari fitur-fitur tersebut. Setelah anda paham, maka ketika diterapkan pada blog, saya jamin kalau blog anda akan menjadi semakin powerful.  

  2. Joomla dapat dikembangkan dengan plugins dan modules
    Tidak seperti Blogger, Joomla dapat dikembangkan seluas-luasnya dengan cara meng-install beberapa plugins atau modules. Plugin adalah fitur tambahan yang dapat ditambahkan ke dalam blog Joomla yang dibuat oleh pihak ketiga. Sedangkan modules adalah fitur yang akan diterapkan pada system core Joomla, biasanya modules berasal dari pihak pengembang Joomla, meskipun ada yang berasal dari pihak ketiga.

  3. Terdapat banyak pilihan template gratis dan dapat menggunakan template buatan sendiri
    Terdapat puluhan template gratis yang disediakan oleh Joomla dengan desain yang bermacam-macam. Selain itu anda dapat membuat sendiri template sesuai keinginan anda, ataupun dapat menggunakan template yang anda beli dari pembuat template Joomla di internet ataupun menggunakan template gratis yang banyak sekali dibagikan di internet.


  4. Terdapat jutaan komunitas Joomla di internet
    Komunitas Joomla adalah jutaan orang yang berasal dari seluruh dunia yang menyukai Joomla, berbicara dan berdiskusi juga menyelesaikan permasalahan-permasalah seputar penggunaan Joomla. Biasanya komunitas ini tergabung dalam sebuah website, forum atau blog pribadi sehingga informasi seputar Joomla dapat dengan mudah ditemukan di internet. Hal ini adalah salah satu kelebihan dan keuntungan membuat blog dengan platform Joomla.

  5. Terdapat 50 pilihan bahasa
    Joomla dapat digunakan dengan 50 pilihan bahasa yang berbeda. Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa yang didukung oleh Joomla, anda dapat mengatur blog anda dengan bahasa indonesia untuk halaman admin panel, juga dapat mengatur bahasa untuk halaman blog utama, sehingga pengunjung blog yang berasal dari berbagai negara akan dengan mudah melakukan navigasi dalam situs anda. Tetapi, penerjemahan bahasa ini hanya terbatas pada navigasi situs, tidak pada konten/artikel.

Sebenarnya masih banyak sekali kelebihan dan fitur Joomla yang dapat menjadi alasan kenapa Joomla menjadi platform blog yang patut dicoba. Anda akan lebih mengetahuinya ketika anda menggunakan Joomla. Sekarang, saya akan bahas Cara Membuat Blog gratis dengan Joomla, silahkan ikutilah langkah-langkah yang saya jelaskan berikut ini :


1. Masuk ke Joomla.com


Pada kolom pertama, anda ketikan subdomain yang anda inginkan, nantinya ini akan menjadi alamat utama blog Joomla anda. Contoh bloganda.joomla.com.

Pada kolom kedua, ketikan alamat email yang masih aktif.

Pada kolom ketiga, ketikan kata sandi.

Lalu centang "By launcing a joomla.com site, your agree to the Terms of Service".
Selanjutnya, klik "Launch my Website".  

2. Verifikasi Email 


Setelah anda berhasil terdaftar, selanjutnya anda harus mengaktifkan akun anda dengan memverifikasi email.
Pertama buka kotak masuk email lalu cari email dari Joomla. Setelah itu klik link verifikasi yang tertera. Lihat cuplikan dibawah :



3. Setelah itu, akun Joomla anda akan aktif.


Setelah akun anda aktif, silahkan klik Dashboard atau Customer Area. Selanjutnya anda akan masuk ke dalam dashboard. Untuk mengecek apakah blog anda sudah aktif atau belum, silahkan ketikan pada tab baru alamat blog baru anda. Contoh bloganda.joomla.com.





Bagaimana, blog anda sudah aktif? Jika sudah aktif, kembali ke halaman dashboard, disana ada tombol "Access Admin". Dengan tombol ini anda akan masuk ke halaman admin panel blog Joomla anda.



4. Halaman Admin Panel

Seperti inilah halaman admin panel blog Joomla, terdapat banyak sekali fitur didalamnya yang bisa anda sesuaikan sesuai kehendak sendiri. Pada bilah kiri terdapat menu dasar untuk memulai blogging, seperti tambah artikel, kategori, media, menu, modul, pengguna, template dan bahasa. Anda dapat pelajari fungsi dari masing-masing menu secara mandiri. Jika anda ingin mengubah bahasa admin panel kedalam bahasa indonesia, silahkan pilih menu Languages.

Pilih bahasa untuk Administrator, ketikan Indonesia, lalu klik tombol Cari.


Setelah bahasa Indonesia ditemukan, klik tanda bintang "Set default". Lihat cuplikan dibawah :


 Dan sekarang bahasa admin panel Joomla telah berubah menjadi bahasa Indonesia.

 

Cara membuat Artikel di Blog Joomla


Selanjutnya, saya akan jelaskan cara membuat artikel di admin panel Joomla. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Klik "New Article" atau "Tambah Artikel Baru"

2. Buat artikel dengan menambahkan judul, konten, kategori dan tags seperti cuplikan dibawah ini :


3. Setelah selesai, klik Simpan atau Simpan & tutup.
 

Kalau memilih simpan saja, maka anda tidak akan dialihkan ke halaman semua posting. Tetapi jika memilih Simpan & Tutup maka halaman buat posting akan ditutup dan anda akan dialihkan ke halaman semua posting.


Selesai. Silahkan lihat blog anda sekarang sudah aktif dan sudah terdapat satu artikel pertama yang anda buat.




 

Merubah Template Blog Joomla


Untuk merubah tampilan/template blog, cara pertama anda dapat mengubah template di halaman Dashboard :

Pada ikon gerigi silahkan klik Change Template. Lihat cuplikan dibawah :


Selanjutnya anda akan disuguhkan puluhan pilihan template blog yang dapat anda pilih di halaman ini :


Tetapi perlu diingat, jika anda tidak ingin kehilangan setelan dan artikel yang sudah anda buat, maka anda jangan pilih "With Sample Data" ketika menerapkan template. Pilihlah Blank, sehingga tidak akan menimpa semua setelan dan artikel yang sudah anda buat sebelumnya. Setelah itu klik Apply. Lalu lihat perubahannya pada blog anda.


Cara Kedua, pada admin panel pilih Template lalu klik tanda bintang pada template yang anda pilih seperti ketika mengatur bahasa tadi.


Selesai.



Seperti itulah penjelasan saya mengenai Cara Membuat Blog Gratis dengan Joomla. Jika anda ingin login kembali ke dalam akun Joomla, ketikan joomla.com pada browser, setelah website terbuka klik "Login" pada header kanan atas, lalu ketikan alamat email dan kata sandi yang telah anda daftarkan tadi untuk login ke admin panel.

Saya cukupkan sekian, saya harap semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kotak komentar dibawah, saya akan dengan senang hati menjawab atau memberi bantuan.


Sampai jumpa dan Terimakasih.

Artikel Terkait

Cara Membuat Blog Gratis dengan Joomla
4/ 5
Oleh

Berlangganan Gratis

Suka dengan informasi di atas? Tulis email kamu, nanti saya kasih tahu lewat email kalau ada informasi terbaru.

Silahkan berkomentar

No comments:

Post a Comment


Cara Berkomentar untuk yang anda yang tidak memliki Blog:
1. Klik "Select profile" lalu pilih Name/URL
2. Isi nama Anda dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat facebook Anda
3. Klik Lanjutkan
4. Tulis komentar Anda dan klik publish
Form komentar ini tanpa moderasi dan verifikasi, kami harap anda tidak mengirim SPAM,Sara atau tindakan pelecehan lainnya

Dapatkan kunjungan balik ke website atau blog Anda dengan berkomentar dan Follow situs ini. Anda juga akan mendapatkan follower yang lebih banyak.