Tuesday, July 25, 2017

5 Platform Blogging Terbaik

Kicauan Wong Cilik - Blogging, adalah aktivitas menulis pada media blog ataupun platform post sharing. Sebagian orang (blogger) menulis blog untuk beberapa alasan, pertama untuk menyalurkan hobi, berbagi kehidupan pribadi, menulis tutorial, membagikan hasil riset, dsb. Mungkin salahsatu dari anda sudah mengetahui platform blogging seperti Blogger atau Wordpress, hal tersebut sangat wajar karena kedua platform tersebut sangatlah populer.

Sebenarnya ada banyak sekali platform blogging selain Blogger dan Wordpress, dengan fitur yang juga tidak kalah hebat. Platform dibawah ini dapat menjadi pilihan alternatif selain Blogger atau Wordpress bagi anda yang menginginkan hal yang baru dalam pengalaman Blogging. Saya akan jelaskan mulai dari yang terpopuler dan terbaik.

1. Blogger.com


Blogger ditemukan pada 23 Agustus 1999 oleh perusahaan Pyra Labs di Amerika Serikat. Pada tahun 2004, Blogger diakusisi oleh Google dan resmi menjadi satu-satunya blog platform yang ada dalam daftar layanan/mitra Google. Jutaan Blog telah dibuat dengan platform Blogger ini. Selain mudah digunakan, Blogger juga mempunyai fitur yang lengkap dan didukung penuh oleh Google dan tentunya Gratis. Bagi anda yang masih pemula dalam dunia blogging, saya sarankan gunakan Blogger untuk platform pertama blog anda.

2. Wordpress.com atau Wordpress.org


"WordPress powers 28% of the internet". Begitulah headline dalam website utama Wordpress.com. 28% blog dan website di internet menggunakan platform Wordpress, tentunya ini adalah jumlah yang sangat banyak.Tidak hanya dapat digunakan sebagai platform blog, Wordpress juga dapat digunakan sebagai platform website, seperti company profile, toko online, dsb.

Worpress mempunyai dua pilihan :
1. Worpress.com : menyediakan penyimpanan dan subdomain gratis atau istilah lainnya hosted-site seperti halnya blogger. Jadi anda tidak perlu memikirkan biaya sewa hosting dan domain, anda akan diberi penyimpanan gratis dan subdomain bloganda.wordpress.com, hanya saja dalam blog tersebut akan ada iklan yang dipasang oleh pihak Wordpress yang tidak dapat anda hapus. Selain itu, terdapat plan berbayar bagi anda yang ingin mendapatkan fitur lebih seperti dapat menggunakan iklan sendiri, mendapatkan domain TLD, bahkan sampai dapat menghilangkan branding Wordpress dengan biaya sewa bervariasi mulai dari $3 USD atau senilai Rp. 50.000,00 per bulan.


2.  Wordpress.org : menyediakan script Wordpress CMS(Content management system) open source yang dapat anda download dan install di hosting pribadi dengan domain pribadi. Bagi anda yang ingin dapat menggunakan Wordpress dengan fitur penuh seperti plan berbayar pada Wordpress.com, anda dapat mendapatkan CMS Wordpress untuk dihosting secara pribadi dan dapat digunakan tanpa ada iklan, batasan fitur dan juga dapat dikembangkan seluas-luasnya.


3. Joomla.com



Joomla adalah platform blog yang menyediakan hosted-blog dan CMS open source yang dapat di download dan diinstall di hosting pribadi seperti Wordpress. Kelebihan Joomla adalah mempunyai fitur yang banyak sekali yang akan memanjakan penggunanya, hampir tidak diperlukan pengetahuan tentang pengkodingan website seperti HTML, CSS & PHP jika anda menggunakan Joomla.

Selain itu, terdapat banyak pilihan template, modul dan plugin yang disediakan Joomla secara gratis, dan juga dukungan komunitas Joomla yang banyak tersebar di internet sehingga anda dapat dengan mudah menemukan informasi apapun seputar Joomla.

Baca juga :
Cara Membuat Blog Gratis dengan Joomla

4. Tumblr.com


Tumblr adalah platform blogging yang cocok bagi anda yang senang membagikan hasil-hasil desain ataupun fotografi. Tumblr sangat populer karena sangat mudah digunakan dengan ketersediaan fitur yang lengkap. Anda dapat membuat blog di Tumblr dengan cepat hanya dengan beberapa langkah. Walaupun Tumblr berfokus pada posting visual seperti foto, vektor dan video, tetapi anda juga dapat memposting blog yang berbentuk tulisan.

Bagi anda yang senang memperlihatkan keindahan visual, Tumblr adalah tempat yang cocok untuk anda. "Tumblr is the place for showcase your visual materials".

5. Drupal.org


Drupal juga merupakan CMS(Content Management System) open source seperti Wordpress & Joomla. Anda dapat mendownload dan menginstall Drupal dalam hosting dan domain pribadi. Drupal memiliki fitur yang banyak, juga terdapat plugin dan template gratis yang dapat anda gunakan.

Itulah 5 Platform Blogging Terbaik versi Kicauan Wong Cilik. Informasi ini saya urutkan berdasarkan tingkat kepopulerannya di Internet. Bagi anda yang ingin mencoba bermacam-macam platform blogging, pilihan diatas adalah pilihan-pilihan yang patut anda coba.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

5 Platform Blogging Terbaik
4/ 5
Oleh

Berlangganan Gratis

Suka dengan informasi di atas? Tulis email kamu, nanti saya kasih tahu lewat email kalau ada informasi terbaru.

Silahkan berkomentar

No comments:

Post a Comment


Cara Berkomentar untuk yang anda yang tidak memliki Blog:
1. Klik "Select profile" lalu pilih Name/URL
2. Isi nama Anda dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat facebook Anda
3. Klik Lanjutkan
4. Tulis komentar Anda dan klik publish
Form komentar ini tanpa moderasi dan verifikasi, kami harap anda tidak mengirim SPAM,Sara atau tindakan pelecehan lainnya

Dapatkan kunjungan balik ke website atau blog Anda dengan berkomentar dan Follow situs ini. Anda juga akan mendapatkan follower yang lebih banyak.