16 July 2017

Cara Paling Ampuh Memperbaiki "Laman ini berisi sumber daya HTTP yang dapat menyebabkan konten campuran memengaruhi keamanan dan pengalaman pengguna jika blog dilihat melalui HTTPS"

Kicauan Wong Cilik - Baru-baru ini Blogger menambahkan fitur SSL Gratis untuk blog yang masih menggunakan subdomain .blogspot.com. Sebelumnya, bagi anda yang belum tahu apa itu SSL:

SSL atau Secure Socket Layer adalah protokol keamanan yang digunakan untuk mengenkripsi setiap lalu lintas di internet. Dengan SSL komunikasi antara client dan server berada di dalam saluran yang aman. SSL menggunakan port 443 untuk web server.
Bedanya SSL dengan TCP yaitu SSL menggunakan protokol https:// sedangkan TCP menggunakan protokol http://. Jadi kalau anda melihat webite dengan protokol HTTPS berarti website tersebut sudah menggunakan saluran yang aman di dalam websitenya. SSL adalah fitur berbayar yang bisa anda sewa sekitar 150 ribu pertahunnya.

Bagi anda pengguna Blogger, saat ini Blogger sudah menyediakan fitur SSL secara gratis khusus untuk blog yang masih menggunakan subdomain .blogspot.com, contohnya sekedarkicauanrakyat.blogspot.com. Artinya blog anda berhak mendapatkan SSL gratis dari Blogger contoh menjadi https://sekedarkicauanrakyat.blogspot.com. Tetapi jika anda sudah mengganti dengan domain TLD, misalnya .com, .net. org anda tidak akan bisa mendapatkan SSL secara gratis dari Blogger. Solusinya, anda harus mendaftarkannya sendiri di penyedia sewa SSL.

Tetapi, setelah saya merubah protokol blog ini menjadi HTTPS, saya mendapatkan beberapa kendala. Salahsatunya ketika saya mempublikasikan posting, saya mendapatkan pesan error "Laman ini berisi sumber daya HTTP yang dapat menyebabkan konten campuran memengaruhi keamanan dan pengalaman pengguna jika blog dilihat melalui HTTPS". 

Kenapa hal tersebut dapat terjadi dan bagaimana cara memperbaikinya? artikel ini hadir untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Berikut adalah penjelasannya :

1. Kenapa muncul pesan error HTTPS ketika publikasi posting?
Jawabannya : Karena, ada aset yang anda masukan kedalam posting, seperti gambar, javascript atau css, dll yang dihosting oleh server yang tidak menggunakan protokol HTTPS, sedangkan blog anda sudah menggunakan protokol HTTPS.

Loh kok ini jadi masalah?

Penyebabnya, setiap website yang menggunakan protokol HTTPS, seluruh isi aset website seperti gambar, javascript, css, video dll harus pula dipanggil dengan protokol HTTPS. Itulah fungsi HTTPS yaitu menampilkan seluruh konten dan aset yang telah terenkripsi secara aman melalui  jalur yang aman (secure).


Contoh saya menambahkan gambar pada postingan blogger yang saya dapatkan dari website yang belum menggunakan SSL. Contoh saya memanggil gambar dari website http://domain.com/gambar.jpg, hal ini yang tidak diperbolehkan jika anda menggunakan SSL.Seharunya anda memanggil gambar dari website yang menggunakan SSL https://domain.com/gambar.jpg.

2. Bagaimana solusinya untuk Blogger? Apakah hal ini berdampak buruk pada blog?

Pertama, ini solusi bagi anda yang tetap ingin memaksakan konten HTTP pada blog SSL :
Ketika pesan error tersebut muncul, anda tinggal klik "Tutup" sampai pesan tersebut hilang, lalu klik "Publikasi" atau "Perbarui" posting.



Namun ada konsekuensi untuk tindakan ini yaitu, penggunaan SSL dalam blog anda dapat dikatakan sia-sia. Dengan kata lain "anda ingin menunjukan kepada pengunjung bahwa blog anda aman dengan menggunakan SSL, tetapi anda sendiri menyajikan konten yang tidak aman untuk pengunjung anda karena tidak sesuai dengan aturan SSL.".

Ketika hal ini terjadi, teknologi SSL sangat pintar dengan memberitahu browser bahwa blog anda menggunakan SSL, tetapi dia juga memberitahu bahwa blog anda tidak aman. Bagi anda yang rela untuk mengeluarkan biaya ratusan ribu untuk menyewa SSL, maka saya katakan "anda sia-sia menyewa SSL" jika hal ini masih terjadi.

Begini pesan yang diterima browser dari protokol SSL jika blog SSL anda memiliki aset yang tidak aman untuk pengunjung blog :
Blog yang tujuannya ingin aman tetapi kok malah tidak aman.

Cara yang pertama ini adalah cara yang paling enteng bagi anda yang tidak ingin ribet menyajikan konten yang benar-benar aman.

Cara Kedua, yaitu dengan mengganti semua aset (non-SSL) menjadi aset SSL. Contohnya jika ada gambar yang berasal dari sumber non-SSL, maka anda harus menghapusnya dan menggantinya dengan gambar SSL. Caranya bisa dengan mengunggah gambar secara manual.

Baca juga :
Cara Mengunggah Gambar di Postingan Blogger (Metode Insert Image)

Jika anda ingin menggunakan gambar yang sama seperti gambar dari sumber non-SSL tadi, langkah yang harus anda lakukan yaitu dengan mendownload terlebih dahulu gambar tersebut, simpan di hardisk komputer anda, lalu upload dengan cara diatas, terakhir tinggal publikasikan posting. Selesai.

Cara ketiga (tidak direkomendasikan), yaitu dengan menonaktifkan layanan SSL pada pengaturan di Blogger. Hal ini sebenarnya tidak direkomendasikan jika anda benar-benar ingin menyajikan konten yang aman kepada pengunjung dengan menggunakan SSL. Ini tergantung pilihan anda. Saya hanya akan tunjukan bagaimana cara menonaktifkan layanan SSL di Blogger. 

Berikut langkah-langkahnya :
1. Masuk ke akun Blogger.com
2. Pilih Setelan > Dasar
3. Pada bagian HTTPS, pengalihan HTTPS diubah menjadi Tidak.

 4. Setelan akan diubah secara otomatis. Lalu coba anda cek hasilnya dengan mengulangi publikasi posting yang berisi aset non-SSL tadi. Maka anda tidak akan lagi menemukan error HTTPS seperti tadi.


Baca Juga :

Cara paling ampuh memperbaiki " Terjadi kesalahan saat mencoba menyimpan atau memublikasikan pos Anda." ketika menulis posting di blogger

Terimakasih telah mengikuti artikel ini. Saya harap ini dapat bermanfaat bagi anda. Dan jika anda mempunyai pertanyaan, silahkan tulis di formulir komentar dibawah.

Jangan lupa untuk sering berkunjung ke blog ini, karena saya akan selalu membuat tulisan yang bermanfaat bagi anda secara gratis.

Sampai jumpa.

Saya adalah Professional Web Developer di Synegare.com. Hobi saya menulis dan membuat film. Semoga tulisan saya di blog ini dapat bermanfaat bagi anda.


Cara Berkomentar untuk yang anda yang tidak memliki Blog:
1. Klik "Select profile" lalu pilih Name/URL
2. Isi nama Anda dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat facebook Anda
3. Klik Lanjutkan
4. Tulis komentar Anda dan klik publish
Form komentar ini tanpa moderasi dan verifikasi, kami harap anda tidak mengirim SPAM,Sara atau tindakan pelecehan lainnya

Dapatkan kunjungan balik ke website atau blog Anda dengan berkomentar dan Follow situs ini. Anda juga akan mendapatkan follower yang lebih banyak.

EmoticonEmoticon