Wednesday, July 19, 2017

Apakah Google Fiber Sudah Ada di Indonesia?


Kicauan Wong Cilik - Google Fiber adalah layanan penyedia internet, telepon dan TV interaktif berteknologi fiber optik besutan perusahaan raksasa internet, Google ,inc. Salahsatu hal yang luar biasa dari Google Fiber ini tentunya kecepatan internet super yaitu mencapai 1,000 Mbps untuk aktivitas download dan upload.

Apa yang membuat orang ramai memperbincangkan layanan internet super cepat Google Fiber ini? Apakah hanya karena kecepatan internetnya yang super cepat? dan Apakah Google Fiber ini kini sudah tersedia di Indonesia? Yuk simak bersama-sama ulasannya.

Kelebihan Google Fiber


Selain menawarkan internet super cepat 1 Gbps, kelebihan Google Fiber yaitu, antara lain :
1. Tidak ada batasan bandwith, kuota ataupun FUP (Fair Usage Policy) alias True Unlimited.
2. Tidak ada kontrak layanan tertentu, palanggan dapat melakukan Upgrade, Downgrade atau pembatalan pemasangan Google Fiber kapan saja.
3. Tidak ada biaya tambahan untuk sewa alat-alat seperti modem, router dan TV Box, semua gratis selama berlangganan.
4. Service dan dukungan pelanggan gratis 24/7 selama masa berlangganan.

Perbandingan Google Fiber dengan Internet Fiber di Indonesia


Terdapat tiga jenis pilihan paket internet yang ditawarkan Google Fiber :
1. Paket Internet Fiber 100 Mbps - harga $70 atau senilai Rp. 931.420,00 / bulan
2. Paket Internet Fiber 250 Mbps - harga $100 atau senilai Rp. 1.330.600,00 / bulan
3. Paket Internet Fiber 1000 Mbps (1 Gbps) - harga $250 atau senilai Rp. 3.326.500,00 / bulan

Untuk paket nomor 1 saja, jika dibandingkan dengan layanan Internet Fiber di Indonesia seperti layanan IndiHome dari PT. Telkom Indonesia yang juga sudah bundle dengan Telepon Fiber dan TV Interaktif dengan kecepatan internet maksimal 100 Mbps, harganya masih 53% jauh lebih murah Google Fiber. Untuk saat ini layanan Internet Fiber 100 Mbps IndiHome masih dibandrol dengan harga sekitar Rp. 1.750.000,00 / bulan. Itupun masih dibatasi dengan FUP (Fair Usage Policy) dan biaya tambahan lain untuk sewa alat seperti TV Box. 


Data tersebut hanya dibandingkan dengan penyedia Internet Fiber yang dikatakan terbaik di Indonesia (Telkom), jika Google Fiber dibandingkan dengan provider lain yang notabene masih dibatasi dengan kuota data dan kecepatan internet dibawah 200 Mbps, tentunya Google Fiber masih jauh lebih baik.

Kebutuhan Internet Bangsa Indonesia


Bagi penduduk Indonesia, internet super cepat dan tidak berbatas kuota, FUP ataupun bandwith dapat dikatakan sebagai layanan surga, artinya mayoritas bangsa Indonesia pasti setuju jika diterapkan di dalam negeri internet berkecepatan tinggi dengan harga terjangkau seperti Google Fiber. Pasalnya dengan kebutuhan dan perkembangan internet di Indonesia yang sangat pesat, sangatlah rasional bagi masyarakat untuk berpikir "worth" mengeluarkan biaya $70-$250 untuk internet unlimited berkecepatan 100 Mbps sampai 250 Mbps untuk keperluan pribadi ataupun bisnis.

Paket 1000 Mbps juga adalah pilihan yang sempurna untuk keperluan bisnis yang lebih besar dan layanan internet publik di Indonesia. Sudah selayaknya pemerintah tidak lagi memandang sebelah mata fakta ini :
Internet yang cepat dan terjangkau sudah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia.
Demi kemajuan bangsa dan negara.

 

Apakah Google Fiber sudah tersedia di Indonesia?



Pada tahun 2016, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mendapat kunjungan dari Co-Founder Google, Sergey Brin di Jakarta. Mereka membahas mengenai teknologi Google Fiber, dan Rudiantara menyebutkan ingin mengirim orang untuk mempelajari teknologi Google fiber di Amerika serikat. Tetapi pada nyatanya, sampai saat ini tidak ada perkembangan lebih lanjut mengenai hal ini.

Bagi anda yang sudah benar-benar tertarik bahkan mengharapkan Google Fiber ini diluncurkan di Indonesia, sepertinya hal tersebut masih menjadi hal yang belum pasti sampai saat ini. Tapi yang jelas teknologi akan selalu berkembang seiring zaman, tidak hanya para pakar dari luar negeri saja yang menjadi kontributor teknologi, tetapi banyak manusia dari bangsa ini yang juga ikut berjuang dan berinovasi untuk kemajuan teknologi di dunia. Semoga harapan seluruh bangsa ini dapat terwujud dan dapat berguna untuk kepentingan dan kesejahteraan seluruh bangsa.

Ketika anda tidak bisa menjadi seorang pencipta, maka jadilah pengamat. Jika anda tidak bisa jadi pengamat, maka jadilah pengguna yang bertanggung jawab. ~ Kicauan Wong Cilik

Sekian ulasan ini saya tulis, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda. Silahkan tulis komentar anda pada formulir komentar dibawah.

Terimakasih dan Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Apakah Google Fiber Sudah Ada di Indonesia?
4/ 5
Oleh

Berlangganan Gratis

Suka dengan informasi di atas? Tulis email kamu, nanti saya kasih tahu lewat email kalau ada informasi terbaru.

Silahkan berkomentar

No comments:

Post a Comment


Cara Berkomentar untuk yang anda yang tidak memliki Blog:
1. Klik "Select profile" lalu pilih Name/URL
2. Isi nama Anda dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat facebook Anda
3. Klik Lanjutkan
4. Tulis komentar Anda dan klik publish
Form komentar ini tanpa moderasi dan verifikasi, kami harap anda tidak mengirim SPAM,Sara atau tindakan pelecehan lainnya

Dapatkan kunjungan balik ke website atau blog Anda dengan berkomentar dan Follow situs ini. Anda juga akan mendapatkan follower yang lebih banyak.